03 March 2010

IQ dan Monogami


Aku baru baca dari sini.

Peneliti di salah satu universitas di Inggris menemukan, pria dengan IQ lebih tinggi lebih setia pada pasangannya dan selalu menjunjung tinggi nilai monogami dibandingkan pria lain yang IQ-nya tergolong rendah.

Tapi hasil penelitiannya tidak tercermin pada wanita. Para peneliti tidak menemukan bukti bahwa wanita yang IQ-nya lebih tinggi memiliki sikap sama seperti pria cerdas dengan IQ tinggi. Pola-pola kesetiaan justru hanya ditemukan dalam diri pria yang diteliti oleh Dr. Satoshi Kanazawa pada jurnal yang dipublikasikan di 'Psikologi Sosial Quarterly' edisi Maret.

Emang benar ya? Tapi kalau menurut aku sih pola kesetiaan ga cuma berdasar dari faktor IQ aja, masih ada hal-hal lain. Kalau menurut kalian gimana?

Kalau mau baca lengkap, lihat disini aja.

21 comments:

  1. menurutku sih benar...
    karena aku ber-IQ tinggi dan setia..(wahahaha, PeDe banget ni anak!)

    ReplyDelete
  2. Kunjungan baliiiik :) :)


    Ttg post ini.. I am not totally agree with this. gak semua yg tidak ber monogami ituu IQ rendah :) bahkan bisa jadi IQ sangat tinggi..

    Just wanna say that..

    Dan tiap org udh ada suratan takdir masing2, udah d atur jodohnya msg2, jadiii.. Spertinya gak bs d liat brdasar IQ :)


    Just my opinion..

    ReplyDelete
  3. pasti masih ada yg lain2 selain IQ :D

    weee sudah dijawab Ghaida... hehehe

    ReplyDelete
  4. ohoho.. aku juga tak sependapat dengan penelitiannya. abis banyak juga yang ber iq tinggi malah poligami. Tapi ya gabisa bilang gitu juga sii, orang belum bikin peneltian. Kalo DR. Kanazawa itu kan sudah..
    Silahkan dibuat penelitiannya tentang faktor2 laki2 yang suka benrpoligami. x)

    ReplyDelete
  5. saya mah pinter engga begitu, bodo juga begitu engga...jadi gimana donk???

    ReplyDelete
  6. Fotonya Pas Banget untuk artikel ini

    ReplyDelete
  7. iya mbak pasti masih ada hal-hal lain.. sudah aku taruh di bloglist

    ReplyDelete
  8. soundtrack : cobalah untuk setia.. :p

    ReplyDelete
  9. mungkin dengan IQ tinggi ia lebih cerdas untuk memilih,... :D

    ya, saya suka monogami...!
    saya IQ tinggi donk.. hahah

    ReplyDelete
  10. kalau saya sih gak merasa ada hub.nya antara iq dan monogami,lagipula di studinya bilang kalo itu adalah turunan dari perilaku manusia purba jaman dulu.

    saya kurang percaya sama teori evolusi soalnya,karena banyak lemahnya.

    kalo menurut saya,mau berpoligami ataupun bermonogami,lakukanlah dengan cerdas dan dengan hati yg baik ,jadi yg diperlukan malah EQnya bukan IQnya:D

    ReplyDelete
  11. ah.. masa' iya... ;)
    tergantung masing2 orngnya menurutku...
    yang cerdas dan tergolong ber IQ tinggi jg gak sedikit yg melakukan Polygami...

    ReplyDelete
  12. Aku datang lagi bergerilya di sini saat senja mulai menampakkan kegagahannya di ufuk timur bumi, dan aku menunggu kedatangan mu sobat...

    ReplyDelete
  13. yang penting kita sama2 berdoa ya say
    semoga pasangan kita
    dan kita sendiri
    memilih jalan hidup monogamiiiiiiii

    amin ya Allah,,,

    XOXO
    YUlia Rahmawati
    http://ladyulialogy.blogspot.com/

    ReplyDelete
  14. wah berarti saya tipe cowok yang setia donk. hehe

    ReplyDelete
  15. orng yg IQ tinggi pasti setia, krn mungkin ilmunya banyak.. hehe..

    ReplyDelete
  16. ahhh ga juga tuuuh, ga bener tuh penelitiannya, kalo kesetiaan mah tergantung dari sifat seseorang itu sendiri.

    ReplyDelete
  17. Gak juga sihh mbakk buktinya banyak yang IQ nya tinggi *baca dewan* punya simpanan juga hehehe..keknya berdasarkan libidonya tinggi gak mampu mengekangnya dan kurangnya dasar Ilmu Agama...

    ReplyDelete
  18. wah kalu masalah IQ tingi sih udah byak tapi orang yg jujur dan ber IQ tinggi itu jarang akrena IQnya yg terlalu tinggi jadi suka menipu deh alias yah gak jujur.
    YG PENTING ADALAH AGAMA ITU tiang segalanya JGN Cuma ktp... hehhehe jadi bahas agama degh...

    aku IQ sedang alias di bawah rata2 kata orang yg ngetes aku tapi itu cuma kata test kataku sndiri aku pya IQ tinggi dan luas seluas kepalaku... hehehe

    ReplyDelete
  19. oh, begitu.
    tapi kalau hubungan dengan orang lain kan melibatkan EQ, jadi mungkin EQ juga berpengaruh ya :)

    ReplyDelete
  20. Penelitian tentang IQ banyak juga saya dengar,ada tentang hubungan IQ dengan kualitas sperma dan Katanya jika IQ tinggi,libido juga tinggi, kalau libido tinggi, menurut saya beresiko terjadi perselingkuhan jika pasanganya tidak mampu mengimbangi.

    ReplyDelete
  21. saya kurang setuju sama hasil penelitian mas Satoshi Kanazawa .....

    kesetiaan itu tidak bisa hanya diukur dengan IQ, tapi juga mesti dengan EQ dan SQ....

    kalau menurut saya sih kayak gitu :D

    ReplyDelete

Komentarnya terimakasi.

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails