31 May 2010

Penyesalan.. Things i will regret..



Pernah ga kamu mikirin kira-kira kalau kamu meninggal ada ga hal yang mungkin kamu sesalin? Soal pendidikan, kerjaan atau keluarga, juga ibadah kita. Dalam hal apapun. Ntah semua waktu yang sangat sedikit kamu gunakan bersama keluarga. Atau suatu hal yang kamu sesalin telah kamu lakukan, atau bahkan suatu hal yang kamu sesalin tidak kamu lakukan.

Kalau kamu bisa mikirin itu, dan kamu bisa nemuin hal-hal yang bisa kamu sesalin. Berarti kamu beruntung, karena kamu bisa menghindari penyesalan itu. Ntah itu suatu hal yang terlambat atau bukan, tapi setidaknya akan ada hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari atau mengubah penyesalan itu.

Kalau saya, salah satu hal yang akan saya sesalin kalau meninggal dalam waktu dekat ini adalah jarangnya saya mengungkapkan kalau saya sayang orangtua. Atau jarangnya saya mengucapkan terimakasi terhadap semua jasa-jasa mereka. Itu salah satu hal yang mungkin jadi penyesalan saya, diluar hal-hal yang bersifat ibadah atau hubungan dengan Allah SWT.

Nah, kalau kalian gimana? Ga ada salahnya kan kita rajin ngebayangin hal-hal yang mungkin kita sesalin. Semoga bisa semakin sedikit diakhirnya kita bilang “penyesalan datangnya terlambat.”

38 comments:

  1. mungkin kurangnya waktu unk bersama keluarga dan org yg aq sayang...

    makasih dah mengingatkan ^^

    ReplyDelete
  2. mungkin waktu waktu yang kubuang secara percuma.
    ungkapin pada ortu ma temen kalau aku sayang mereka.

    ReplyDelete
  3. Yach bener banget.
    Bila aku mati tuk saat ini aku pasti nyesel bgt. Bukan karna apa apa. Tp karna aq sampai saat ini blum bisa membahagiain kedua ortu ku yang smakin hari smakin tua. Aq blum bisa memenuhin janji janji aq waktu aq msih kecil dulu...
    Wah. . .kamu jadi ngingetin masa kecil aq yg pnuh perjuangan. . .he. . .

    ReplyDelete
  4. yang aku sesali mungkin adalah waktu,
    dan yg paling syang, aku ga sempat bisa bahagiaain orang tua, terutama ibuku(alm)

    itu jha, semoga aku bisa memanfaatkan waktu,
    dan setidaknya kubisa bahagiaain bapakku dan keluarga yg lain,
    AMIN.

    ReplyDelete
  5. iya, saya juga merasa begitu...

    ReplyDelete
  6. kayaknya ibadah deh,soalnya sholat saya masih bolong2.hehe

    ReplyDelete
  7. yuph, pernah donk. Kna Flu aja, prasaan kya mo meninggal. Yg aku sesali pasti ibadahku yg sring snin kmis. Padahal aq pngen bnget naik haji, Hehee... :))

    salam peace...

    ReplyDelete
  8. Kalau saya belum bisa bahagiakan Mamah n masih ada kewajiban sebagai kakak yg blm bisa saya jalankan...

    ReplyDelete
  9. iya kak sama... :(
    oby takut belum bisa membaagiakan ortu sebelum mereka/oby di panggil duluan

    semoga ALlah memberi kita kesempatan untuk itu...

    amin...

    ReplyDelete
  10. gag ada yang aku sesali... :D

    karna aku merasa apa yang udah aku lakuin, emang itu yang harus aku tanggung jawabin nantinya :D

    kata emaknya abe, dilarang ngeluh, apalagi menyesal :D

    ReplyDelete
  11. Mohon maaf, kali ini hanya meyampaikan undangan-pernikahan-sang-sahaja-dengan-pagi-bening bila memang memungkinkan untuk datang di persilahkan, salam sehat selalu , semoga diberkahi, amien

    ReplyDelete
  12. jadi mari kita perbaiki amal ibadah kita agar nggak menyesal nanti, pencerahan yang bagus mbak

    ReplyDelete
  13. Adakah orang meninggal dan dia membawa penyesalan ? Kalau aku 'menyesal' dengan hidupku sekarang ini. Aku blm mampu menjadi manusia secara utuh. Utuh kepada ALLAHku, Nabiku, kedua orang tuaku, dan juga anak dan istriku

    ReplyDelete
  14. Pernah ga kamu mikirin kira-kira kalau kamu meninggal ada ga hal yang mungkin kamu sesalin? Soal pendidikan, kerjaan atau keluarga, juga ibadah-ibadah kita. hmmm ibdah kita?? yg pasti jika rasa ketauhidtan kita ada pada aku ini milik ALLAH dan taat benar2 niscaya matinya kita pun dalm keadaan ibadah... tokh menurut mbak ibadah itu yg baek2 yah? hehhehehheh


    klo rasa terimakasih yups emang betul sangat jngn sampe degh kayak aku kejadian penyesalan sama almarhum bapakku tapi aku gak mau crta maaf hehhehehe pribadi bgd yah .. aku hanya bisa berdoa untuk yg terbaik...
    semngat yah... jgn pernah takuti mati klo mbak yakin mbak itu pada jalan yg benar dan menjauhi larangnnya.

    jangan menyerah hidup mati hadapi dgn senyuman....

    ReplyDelete
  15. sebelum ada penyesalan, sebaiknya kita perbaiki dari sekarang...

    kalau saya mudah2an saya masih bisa mengasihi orang tua sebelum mereka atau saya duluan yang pergi,

    ReplyDelete
  16. yg pasTi smw orang yg mninggaL pst sll ngrasa psT pny 1 or lbh rasa pnyesalan blm ini n itu (biarpn blm ngrasain mati :D)

    malah kdng org yg g ngrasa pny rasa ssal,tp mnrt org lain qt punya,jd qt gbs tw jg ^_^

    before thx 4 coming dit,nice to meet u sklyan follow :D

    ReplyDelete
  17. Yahh haruss berusaha menyesali mulai sekarang, sebelum ajal memanggil.. Tx sobatt buat ingatannya..

    ReplyDelete
  18. berpikir ke depan adalah suatu hal yg sangat baik,kita jadi mempersiapkan diri untuk hal2 tersebut dit ;)

    ReplyDelete
  19. yah memang perlu tuk intropeksi, jangan menunggu hingga semua tinggal kenangan yg tak mungkin terulangi...

    ReplyDelete
  20. met siang dy...^^
    jika Tuhan ambil aku dalam waktu dekat ini penyesalanku saat ninggal pastinya pertama ibadah yah..selanjutnya belom bs buat hepi ortu, dan belom melayani hubby dengan baik (masih jauhan) :)

    *makasiii untuk doanya..

    ReplyDelete
  21. aq menyesal karena pernah bertemu dengan "dia" hhmmpphh

    ReplyDelete
  22. Yup. Sebelum semua terlambat..take action!

    ReplyDelete
  23. penyesalan selalu datang terlambat ,,
    jgn sampai terjadi baru menangis !!

    ReplyDelete
  24. Penyesalan itu pasti datangnya belakangan, walau sudah berjuang keras, seperti waktu ujian, walau sudah belajar tapi kita melakukan kesalahan dalam menghitung/mengerjakan soal itu jadi menyesal dech.,,,, Hehehehe.....

    ReplyDelete
  25. Mungkin aku menyesal belum sempet menulis wasiat password blog cendrawasih untuk pewarisnya, yang ntah nanti siapa sayapun ndak tahu... ;-(

    ReplyDelete
  26. Eysa lom sempet mbahgiain adik2 eysa...

    ReplyDelete
  27. Belum sempet meminta maaf pada seseorang meski seseorang tsb udah memberi maaf...

    ReplyDelete
  28. Thanks for sharing Dita.
    Banyak bgt yang aku sesalkan dalam hidup ini.
    Contoh kecilnya adalah pekerjaan. Aku suka nyesel sebenernya aku bisa melakukan lebih baik, menunjukkan ke atasanku klo aku perform well,tp yah itu suka males,deadliner..

    Dan yg ke orangtua, kita samaa..mungkin krn kita canggung utk mengungkap "terima kasih" atau pun "maaf".. Mulai besok,kita coba yuk utk bilang Terima Kasih ke Orang Tua

    Sklai lg makasih ya dita udah ngingetiin ^^

    ps : oke ntr aku ajarin klo udah jago bikin makaroni kukus nya

    ReplyDelete
  29. berkunjung lagi nih,hehe

    ReplyDelete
  30. oia, kemarin udah masuk bukan sepuluh komentator di bukan postingan blogku.. Tolong diambil ya bukan awardnya..hehe
    yang berjudul dan Capcay Punyaku Juga Item makasi..

    ReplyDelete
  31. salam kenal mba ^_-^, yaa mba kalau udah meninggal mau disesali apa lagi......ga bisa berbuat apa...ga ada daya...

    ReplyDelete
  32. Kalo diitung-itung ... udah gak keitung shob yang kusesali ...sangat buanyak !!!
    JAdi instropeksi diri ya ...

    ReplyDelete
  33. wasting too much time. kadang kalo melihat jaman yang sudah sangat berubah dan anak2 remaja yang berani menyatakan pendapat, dan menyuarakan perubahan, saya sering berpikir apa yang sudah saya lakukan pada usia ini. tapi sekali lagi, tak ada gunanya terus bersesal ria kan? jalani hidup sebaik-baiknya dan berusaha lebih baik tiap harinya. :)

    ReplyDelete
  34. penyesalanku, banyak sih..
    tapi udah ga ada gunanya. Jadi mending mengubah diri untuk jadi lebih baik.
    Tetap semangat.

    ReplyDelete
  35. jadi teringat lagu "Baby When You're Gone"

    Baby when you're gone, I realize I'm in love
    days go on and on and the nights just seem so long
    Even food don't taste that good, drink ain't doing what it should
    things just feel so wrong, baby when you're gone

    penyesalan emang selalu datang belakangan ya..

    Mudah2an kita bisa menjadi orang yang bersyukur, yang bisa memahami arti sayang tanpa perlu memahaminya sebelum pergi atau ditinggalkan oleh orang-orang yang ada disekitar kita.

    R

    ReplyDelete
  36. all: menyesali sesuatu emang ga ada gunanya klo terus2an. tapi maksud aku di sini, menyesali sesuatu yang bisa diambil suatu hal dan bikin jadi lebih baik lagi, sehingga ke depannya lebih sedikit penyesalan2 yang muncul.
    atau dari awal menjaga-jaga merubah sesuatu supaya ga ada yang disesalin.

    ReplyDelete
  37. Setiap anak adam, mestinya akan punya segunung penyesalan saat panggilan maut menjemput.. selagi longgar, sempat dan sehat,kiranyalah senantiasa mempersunggu ibadahnya, menimba ilmu dan mengamalkan ilmu tersebut serta mengajarkannya kepada yang lain agar pahala itu datang berlimpah, berbuah pahala syurga.. menjadikan kita orang yang beruntung dunia akhirat.. Amin!

    Seneng udah bisa mampir kesini, salam hangat dari afrika barat

    ReplyDelete

Komentarnya terimakasi.

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails